Personal Branding Dengan Tema Keagamaan dan Optimasinya Pada Media Sosial
Mendapat tantangan menulis tentang personal branding dan optimasinya
dengan media social sebenarnya membuat saya yang minim daalam penggunaan media social
dalam keseharian pastinya sangat kebingungan, maklum generasi old dan looding
yang lama membutuhkan waktu yang panjang. Bahkan untuk mengartikan tugas yang
di berikan panitia ODOP.
Hari terakhir sebelum tantangan baru keluar, saya sedang
senang-senangnya dengan hewan primata yang saya temui dan menjadi mascot di
salah satu yayasan yang bergerak di Lingkungan yang juga bekerjasama dengan
Taman Nasional Gunung Palung, saat kuliah di Fakultas kehutanan UNTAN dulu saya
juga beberapa kali bertemu dengan orangutan dan beberapa beruang yang di
titipkan sementara oleh dinas kehutanan di hutan kota yang terletak dikawasan
UNTAN.
Akhirnya hal inilah yang akhirnya menjadi pilihan saya untuk menentukan niece untuk blog saya dalam menjalankan tugas selama sepekan kedepan, mengetahui hewan-hewan yang dikisahkan dalam Al Qur’an secara ilmiahnya, selain itu juga untuk tujuan mentadaburi Al Qur’an dalam waktu yang bersamaan.
Pada umumnya hewan-hewan yang sering di dengar dan di
ketahui salah satunya yang terdapat dalam surah Al Kahfi, yaitu tentang pemuda
Ashabul Kahfi yang berlindung didalam gua yang juga ditemani seekor
anjing yang mengikuti mereka masuk kedalam gua. lalu ada Sapi betina pada
surah Al Baqarah yang akan langsung diketahui karna hewan ini adalah arti dari
penamaan surah itu sendiri Al Baqarah. Atau ikan paus yang menelan Nabi Yunus. Padahal
tidak hanya itu banyak sekali hewan-hewan yang dikisahkan Allah Swt dalam Al
Qur’an yang bias diambil pelajarannya dari penciptaannya dan
keistimewaan-keistimewaan yang Allah Swt berikan pada makhluk hidup ciptaan
Nya.
Kemudian tidak hanya itu, tumbuhan-tumbuhan yang dikisahkan
dalam Al Qur’an juga keluarga-keluarga yang diberkahi dan para Ayah inspirasi yang
dikisahkan dalam Al Quran dapat diangkat dan dibahas di blog ini nantinya. Insyaa
Allah.
Kemudian masuk ke personal brandingnya…
Seperti yang kita ketahui bahwa orang lain bias mengingat
kita berkat kesan yang mereka dapatkan. Kemudian orang lain bias merasa tertarik
dengan kita karena adanya daya tarik yang kita miliki. Kedua hal ini merupakan
contoh betapa pentingnya sebuag personal branding yang bias membuat kita untuk
dikenal.
Lalu
pertanyaannya, apa itu Personal Branding?
Dari
materi yang saya dapatkan di pekan ke lima Oprec ODOP angkatan 9 yang disampaikan oleh Kak Ajeng Puji Lestari pemilik blog ayunafamily.com. Personal Branding merupakan penggambaran
atau pencitraan diri kita sendiri ke orang lain
sehingga mereka dapat mengetahui gambaran pribadi kita. Dengan kata lain
personal branding adalah usaha untuk mempromosikan diri sendiri agar dikenal
oleh orang lain.
Personal
branding ini merupakan kombinasi dari kepribadian, keterampilan atau bahkan
pengalaman yang telah kita miliki sehingga bias menjadi pembeda antara orang
lain dengan kita. Dengan menunjukkan itu semua diharapkan orang lain menjadi
lebih percaya dan tertarik dengan branding yang kita buat. Sebagai contoh novel
pembangun jiwa seperti Ayat-Ayat Cinta maka orang akan tahu penulisnya adalah
Habiburrahman El Sirazi atau sebaliknya. Kemudian jika kita mendengar nama
Ruben Onsu maka kita akan langsung tau bahwa beliau adalah artis yang biasa
menjadi pembawa acara dan seorang comedian. Dengan adanya brand seseorang akan
langsung dapat membedakan dan mengenalinya serta memilih sesuai dengan
kebutuhan dan keyakinan personal
Dengan
memiliki personal brand yang menarik sekaligus juga menggambarkan diri kita
sendiri tentunya akan sangat membantu orang untuk menjadi lebih dekat dan tidak
memandang hanya sekedar visual diri kita
saja.
masyaa Allah, memang banyak jenis-jenis hewan yang dikisahkan dalam alquran ya Kak.
BalasHapuspingin jadi penulis yang personal brandingnya kuat dan punya ciri khas
BalasHapus